√Pembahasan Soal UN Fisika SMA/MA 2014 – Grafik Gerak Lurus ⊗ Full Pembahasanya

Pembahasan Soal MIPA , Baik dari segi perhitungan serta rumus singkatnya, sangatlah dibutuhkan untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh setiap siswa.Kebanyakan dari siswa itu kurang menyukainya karena mereka menganggapnya sangatlah rumit dan susah dengan berbagai rumus yang ada.

√Pembahasan Soal UN Fisika SMA/MA 2014 – Grafik Gerak Lurus ⊗ Full Pembahasanya

Dan jika kita lihat dari sisi yang positif, MIPA -Matemarika dan csnya jika kita nalar dari segi logika sebenarnya sangatlagh mudah. Dan kita tidak perlu menghapal rumusnya. Sebab pada dasarnya MIPA meruapakan ilmu pasti yang memang sudah di tentukan dan di golongkan solusi dari permasalahan yang ada,.

Trik Menyukai MIPA : kita jangan anggap MIPA itu pelajaran yang membosankan,dan susah, saat belajar MIPA kita hubungankan dengan dengan kehidupan sehari-hari, belajar MIPA bisa kita buat ke sebuah cerita yang menarik

Terkait:


Pembahasan soal UN fisika SMA/MA 2014 – Grafik gerak lurus

1. Soal UN Fisika SMA/MA U-ZC-2013/2014 No.3

Sebuah benda bergerak lurus dengan kecepatan konstan 36 km.jam-1 selama 5 sekon, kemudian dipercepat dengan percepatan 1 m.s-2 selama 10 sekon dan diperlambat dengan perlambatan 2 m.s-2 sampai benda berhenti. Grafik (v-t) yang menunjukkan perjalanan benda tersebut adalah….

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3aPembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3b

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3cPembahasan

Diketahui :
Gerakan 1 = GLB
Kelajuan konstan (v) = 36 km/jam = 36 (1000 m) / 3600 s = 36.000 m / 3600 s = 10 m/s
Selang waktu (t) = 5 sekon
Gerakan 2 = GLBB dipercepat
Kelajuan awal (vo) = kelajuan gerakan 1 = 10 m/s
Percepatan (a) = 1 m/s2
Selang waktu (t) = 10 sekon
Gerakan 3 = GLBB diperlambat
Percepatan (a) = -2 m/s2
Kelajuan akhir (vt) = 0 m/s
Ditanya : Grafik yang menunjukkan perjalanan benda
Jawab :

Grafik dapat ditentukan setelah diketahui kelajuan akhir gerakan 2 dan selang waktu gerakan 3.
Kelajuan akhir gerakan 2 :
vt = vo + a t
vt = 10 + (1)(10) = 10 + 10 = 20 m/s

Kelajuan akhir gerakan 2 (vt) = kelajuan awal gerakan 3 (vo) = 20 m/s
Selang waktu gerakan 3 :
vt = vo + a t
0 = 20 + (-2)(t)
0 = 20 – 2t
20 = 2t
t = 20/2
t = 10 sekon

Amati grafik di atas.
Gerakan 1 : Benda bergerak dengan kelajuan konstan 10 m/s selama 5 sekon
Gerakan 2 : Benda dipercepat selama 10 sekon hingga kelajuannya mencapai 20 m/s
Gerakan 3 : Benda diperlambat selama 10 sekon hingga berhenti.
Grafik yang sesuai adalah grafik pada jawaban B.
Jawaban yang benar adalah B.

2. Soal UN Fisika SMA/MA U-ZC-2013/2014 No.3

Sebuah mobil mula-mula bergerak lurus beraturan dengan kecepatan 5 m.s-1. Setelah mempertahankan kecepatannya selama 10 s, mobil bergerak dipercepat sehingga dalam waktu 5 sekon berikutnya memiliki percepatan 1 m.s-2. Kemudian mesin mobil dimatikan sehingga mobil berhenti setelah menempuh jarak total 137,5 m. Gerak mobil tersebut dapat digambarkan dengan grafik kecepatan (v) terhadap waktu (t) yang sesuai adalah….

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3d

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3e

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3f

Pembahasan
Diketahui :
Gerakan 1 = GLB
Kelajuan konstan (v) = 5 m/s
Selang waktu (t) = 10 sekon
Gerakan 2 = GLBB dipercepat
Kelajuan awal (vo) = kelajuan gerakan 1 = 5 m/s
Percepatan (a) = 1 m/s2
Selang waktu (t) = 5 sekon
Gerakan 3 = GLBB diperlambat
Kelajuan akhir (vt) = 0 m/s

Jarak tempuh total (s) = 137,5 m/s
Ditanya : Grafik yang menunjukkan perjalanan benda
Jawab :
Jarak tempuh gerakan 1 :
s = v t = (5)(10) = 50 meter
Jarak tempuh gerakan 2 :
s = vo t + ½ a t2 = (5)(5) + ½ (1)(5)2 = 25 + ½ (25) = 25 + 12,5 = 37,5 meter
Jarak tempuh gerakan 3 :
137,5 – (50 + 37,5) = 137,5 – 87,5 = 50 meter

Grafik dapat ditentukan setelah diketahui kelajuan akhir gerakan 2 dan selang waktu gerakan 3.
Kelajuan akhir gerakan 2
Kelajuan akhir gerakan 2 dihitung menggunakan data gerakan 2.

vt = vo + a t

vt = 5 + (1)(5) = 5 + 5 = 10 m/s

Kelajuan akhir gerakan 2 (vt) = kelajuan awal gerakan 3 (vo) = 10 m/s

Selang waktu gerakan 3

Selang waktu dapat dihitung setelah diketahui perlambatan. Perhitungan perlambatan (a) dan selang waktu (t) menggunakan data gerakan 3.

Perlambatan benda pada gerakan 3 :

vt2 = vo2 + 2 a s

02 = 102 + 2 a (50)

0 = 100 + 100 a

100 = -100 a

a = – 100 / 100

a = – 1 m/s2

Selang waktu gerakan 3 :

vt = vo + a t

0 = 10 + (-1) t

0 = 10 – t

t = 10 sekon

Amati grafik di atas.

Gerakan 1 : Benda bergerak dengan kelajuan konstan 5 m/s selama 10 sekon

Gerakan 2 : Benda dipercepat selama 5 sekon hingga kelajuannya mencapai 10 m/s

Gerakan 3 : Benda diperlambat selama 10 sekon hingga berhenti.

Jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan soal UN fisika SMA/MA 2014 – Grafik gerak lurus

1. Soal UN Fisika SMA/MA U-ZC-2013/2014 No.3

Sebuah benda bergerak lurus dengan kecepatan konstan 36 km.jam-1 selama 5 sekon, kemudian dipercepat dengan percepatan 1 m.s-2 selama 10 sekon dan diperlambat dengan perlambatan 2 m.s-2 sampai benda berhenti. Grafik (v-t) yang menunjukkan perjalanan benda tersebut adalah….

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3aPembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3b

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3cPembahasan

Diketahui :
Gerakan 1 = GLB
Kelajuan konstan (v) = 36 km/jam = 36 (1000 m) / 3600 s = 36.000 m / 3600 s = 10 m/s
Selang waktu (t) = 5 sekon
Gerakan 2 = GLBB dipercepat
Kelajuan awal (vo) = kelajuan gerakan 1 = 10 m/s
Percepatan (a) = 1 m/s2
Selang waktu (t) = 10 sekon
Gerakan 3 = GLBB diperlambat
Percepatan (a) = -2 m/s2
Kelajuan akhir (vt) = 0 m/s
Ditanya : Grafik yang menunjukkan perjalanan benda
Jawab :

Grafik dapat ditentukan setelah diketahui kelajuan akhir gerakan 2 dan selang waktu gerakan 3.
Kelajuan akhir gerakan 2 :
vt = vo + a t
vt = 10 + (1)(10) = 10 + 10 = 20 m/s

Kelajuan akhir gerakan 2 (vt) = kelajuan awal gerakan 3 (vo) = 20 m/s
Selang waktu gerakan 3 :
vt = vo + a t
0 = 20 + (-2)(t)
0 = 20 – 2t
20 = 2t
t = 20/2
t = 10 sekon

Amati grafik di atas.
Gerakan 1 : Benda bergerak dengan kelajuan konstan 10 m/s selama 5 sekon
Gerakan 2 : Benda dipercepat selama 10 sekon hingga kelajuannya mencapai 20 m/s
Gerakan 3 : Benda diperlambat selama 10 sekon hingga berhenti.
Grafik yang sesuai adalah grafik pada jawaban B.
Jawaban yang benar adalah B.

2. Soal UN Fisika SMA/MA U-ZC-2013/2014 No.3

Sebuah mobil mula-mula bergerak lurus beraturan dengan kecepatan 5 m.s-1. Setelah mempertahankan kecepatannya selama 10 s, mobil bergerak dipercepat sehingga dalam waktu 5 sekon berikutnya memiliki percepatan 1 m.s-2. Kemudian mesin mobil dimatikan sehingga mobil berhenti setelah menempuh jarak total 137,5 m. Gerak mobil tersebut dapat digambarkan dengan grafik kecepatan (v) terhadap waktu (t) yang sesuai adalah….

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3d

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3e

Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik gerak lurus 3f

Pembahasan
Diketahui :
Gerakan 1 = GLB
Kelajuan konstan (v) = 5 m/s
Selang waktu (t) = 10 sekon
Gerakan 2 = GLBB dipercepat
Kelajuan awal (vo) = kelajuan gerakan 1 = 5 m/s
Percepatan (a) = 1 m/s2
Selang waktu (t) = 5 sekon
Gerakan 3 = GLBB diperlambat
Kelajuan akhir (vt) = 0 m/s

Jarak tempuh total (s) = 137,5 m/s
Ditanya : Grafik yang menunjukkan perjalanan benda
Jawab :
Jarak tempuh gerakan 1 :
s = v t = (5)(10) = 50 meter
Jarak tempuh gerakan 2 :
s = vo t + ½ a t2 = (5)(5) + ½ (1)(5)2 = 25 + ½ (25) = 25 + 12,5 = 37,5 meter
Jarak tempuh gerakan 3 :
137,5 – (50 + 37,5) = 137,5 – 87,5 = 50 meter

Grafik dapat ditentukan setelah diketahui kelajuan akhir gerakan 2 dan selang waktu gerakan 3.
Kelajuan akhir gerakan 2
Kelajuan akhir gerakan 2 dihitung menggunakan data gerakan 2.

vt = vo + a t

vt = 5 + (1)(5) = 5 + 5 = 10 m/s

Kelajuan akhir gerakan 2 (vt) = kelajuan awal gerakan 3 (vo) = 10 m/s

Selang waktu gerakan 3

Selang waktu dapat dihitung setelah diketahui perlambatan. Perhitungan perlambatan (a) dan selang waktu (t) menggunakan data gerakan 3.

Perlambatan benda pada gerakan 3 :

vt2 = vo2 + 2 a s

02 = 102 + 2 a (50)

0 = 100 + 100 a

100 = -100 a

a = – 100 / 100

a = – 1 m/s2

Selang waktu gerakan 3 :

vt = vo + a t

0 = 10 + (-1) t

0 = 10 – t

t = 10 sekon

Amati grafik di atas.

Gerakan 1 : Benda bergerak dengan kelajuan konstan 5 m/s selama 10 sekon

Gerakan 2 : Benda dipercepat selama 5 sekon hingga kelajuannya mencapai 10 m/s

Gerakan 3 : Benda diperlambat selama 10 sekon hingga berhenti.

Jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan soal UN fisika SMA/MA 2014 – Grafik hukum Hooke pada pegas

1. Soal UN Fisika SMA/MA U-ZC-2013/2014 No.10
Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik hukum Hooke pada pegas 10a

Perhatikan grafik hubungan gaya ΔF dengan pertambahan panjang Δx pada suatu pegas di bawah!
Berdasarkan grafik, maka pegas tetap akan bersifat elastis pada gaya tarik sebesar….

A. 0 sampai 4 N
B. 0 sampai 8 N
C. 0 sampai 12 N
D. 8 N sampai 12 N
E. 8 N sampai 16 N

Pembahasan
Pegas akan tetap bersifat elastis jika pada pegas tersebut masih berlaku hukum Hooke. Secara matematis, hukum Hooke dinyatakan melalui rumus :
k = ΔF / Δx
Keterangan rumus :
k = konstanta elastisitas, ΔF = gaya, Δx = panjang pegas

Hukum Hooke menyatakan bahwa perbandingan perubahan gaya (ΔF) terhadap perubahan panjang (Δx) pegas, selalu bernilai konstan. Jika nilai k berubah maka hukum Hooke tidak lagi berlaku pada pegas dan hal ini menunjukkan bahwa pegas tidak lagi bersifat elastis.

Amati grafik di atas dan pahami perhitungan berikut ini.
k1 = ΔF / Δx = 4 / 2 = 2
k2 = ΔF / Δx = 8 / 4 = 2
k3 = ΔF / Δx = 12 / 7 = 1,7

Konstanta (k) pegas bernilai konstan hingga gaya tarik sebesar 8 Newton. Jadi pegas tetap akan bersifat elastis pada gaya tarik sebesar 0 sampai 8 Newton.
Jawaban yang benar adalah B.

2. Soal UN Fisika SMA/MA U-ZC-2013/2014 No.10
Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 – Grafik hukum Hooke pada pegas 10b

Grafik berikut merupakan hubungan antara pertambahan panjang Δx dengan gaya ΔF suatu karet yang ditarik dengan gaya. Berdasarkan grafik, karet akan berubah bersifat plastis saat pada karet bekerja gaya….

A. 0 sampai 2 N
B. 0 sampai 4 N
C. 2 N sampai 6 N
D. 4 N sampai 8 N
E. 6 N sampai 8 N

Pembahasan
Karet akan tetap bersifat elastis selama konstanta karet bernilai konstan. Jika konstanta karet mulai berubah maka karet mulai berubah dari sifat elastis menjadi bersifat plastis. Elastis artinya setelah gaya tarik dilepas, karet kembali ke bentuk semula. Sebaliknya plastis artinya setelah gaya tarik dilepas, karet tidak kembali ke bentuk semula.

Amati grafik di atas dan pahami perhitungan berikut ini :
k1 = ΔF / Δx = 2 / 2 = 1
k2 = ΔF / Δx = 4 / 4 = 1
k3 = ΔF / Δx = 6 / 6 = 1
k4 = ΔF / Δx = 7 / 8 = 0,87
k5 = ΔF / Δx = 8 / 12 = 0,6

Karet akan berubah bersifat plastis saat pada karet bekerja gaya 6 Newton sampai 8 Newton. Jika gaya lebih besar dari 8 Newton maka karet putus.

Jawaban yang benar adalah E.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Pembahasan Soal UN Fisika SMA/MA 2014 – Grafik Gerak Lurus ⊗ Full Pembahasanya"

Posting Komentar