Pembahasan Soal MIPA , Baik dari segi perhitungan serta rumus singkatnya, sangatlah dibutuhkan untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh setiap siswa.Kebanyakan dari siswa itu kurang menyukainya karena mereka menganggapnya sangatlah rumit dan susah dengan berbagai rumus yang ada.
Lengkap Download Soal Dan Pembahasan KSM MTs Bidang IPS Terintegrasi Lengkap Cara Paling Mudah
Dan jika kita lihat dari sisi yang positif, MIPA -Matemarika dan csnya jika kita nalar dari segi logika sebenarnya sangatlagh mudah. Dan kita tidak perlu menghapal rumusnya. Sebab pada dasarnya MIPA meruapakan ilmu pasti yang memang sudah di tentukan dan di golongkan solusi dari permasalahan yang ada,.
Trik Menyukai MIPA : kita jangan anggap MIPA itu pelajaran yang membosankan,dan susah, saat belajar MIPA kita hubungankan dengan dengan kehidupan sehari-hari, belajar MIPA bisa kita buat ke sebuah cerita yang menarik
Dibawah ini adalah kumpulan soal jawaban pembahasan ksm IPS mts untuk tingkat kabupaten kota, provinsi dan nasional. Soal Kompetisi Sains Madrasah madrasah tsanawiyah yang disediakan oleh Blog Tomata Likuang adalah soal-soal seleksi ksm bidang sains IPS setiap tahun oleh kementerian agama ri.
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya, sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah, diharapkan setiap siswa madrasah/sekolah mampu membangun bangsa khususnya di bidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.
Selain itu, kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal dibidang nya dan mampu berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari- hari. Pada kegiatan ini juga peserta dilatih dan dibiasakan untuk selalu meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam setiap langkah pengembangan ke depan. Oleh karena itu, Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan diatas.
Secara khusus tujuan KSM tahun 2016 adalah sebagai berikut :
a. Menyediakan wahana bagi siswa Madrasah/sekolah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah/sekolah.
b. Memotivasi siswa madrasah/sekolah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama.
c. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa Madrasah/sekolah.
d. Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah/sekolah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.
1 IPS + Agama Islam IPS+ Agama Islam IPS+ Agama Islam
2 IPS+ Agama Islam Biologi+ Agama Islam Biologi+ Agama Islam
3 Fisika+ Agama Islam Fisika+ Agama Islam
4 Kimia+ Agama Islam
5 Ekonomi+ Agama Islam
6 Geografi+ Agama Islam
1) Proses sains dan kemampuan berfikir
2) Konsep dan pengetahuan sains
3) Kemampuan dalam aplikasi sains dan teknologi
Setiap mata lomba menyediakan medali
a. Jumlah medali emas 3 buah
b. Jumlah medali perak 6 buah
c. Jumlah medali perunggu 9 buah
Jumlah medali adalah 18 medali.
Total medali yang diperebutkan untuk 11 mata lomba sebanyak 198 medali.
Selain itu penghargaan tambahan setiap mata lomba adalah sebagai berikut :
a. The best over all adalah siswa yang memiliki nilai tertinggi untuk dua uji kompetisi (teori dan eksperimen/explorasi).
b. The best theory adalah siswa yang memiliki nilai teori tertinggi.
c. The best experiment adalah siswa yang memiliki nilai experimen/explorasi tertinggi.
Peserta yang tidak mendapatkan medali dan penghargaan tambahan akan mendapatkan penghargaan keikutsertaan berupa dana pembinaan.
Berikut adalah soal dan pembahasannya :
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya, sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah, diharapkan setiap siswa madrasah/sekolah mampu membangun bangsa khususnya di bidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.
Selain itu, kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal dibidang nya dan mampu berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari- hari. Pada kegiatan ini juga peserta dilatih dan dibiasakan untuk selalu meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam setiap langkah pengembangan ke depan. Oleh karena itu, Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan diatas.
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Madsarah Tsanawiyah (MTs)
Tujuan
Secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2016 bertujuan untuk peningkatkan mutu pendidikan Sains di madrasah/sekolah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.Secara khusus tujuan KSM tahun 2016 adalah sebagai berikut :
a. Menyediakan wahana bagi siswa Madrasah/sekolah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah/sekolah.
b. Memotivasi siswa madrasah/sekolah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama.
c. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa Madrasah/sekolah.
d. Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah/sekolah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.
Bidang Yang Dilombakan
Madrasah Ibtidaiyah | Madrasah Tsanawiyah | Madrasah Aliyah1 IPS + Agama Islam IPS+ Agama Islam IPS+ Agama Islam
2 IPS+ Agama Islam Biologi+ Agama Islam Biologi+ Agama Islam
3 Fisika+ Agama Islam Fisika+ Agama Islam
4 Kimia+ Agama Islam
5 Ekonomi+ Agama Islam
6 Geografi+ Agama Islam
Sasaran
Peserta KSM adalah siswa dan siswi madrasah/sekolah tingkat MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA yang berasal dari seluruh provinsi Indonesia (33 provinsi) dan masih terdaftar sebagai siswa/i pada saat pelaksanaan KSM. Perwakilan tiap propinsi terdiri dari 1 siswa per mata pelajaran yang dilombakan untuk setiap tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan MA/SMA.Bentuk Tes
Tes KSM Tingkat Madrasah terdiri dari:1. Tes Teori
Tes teori akan disesuaikan dengan silabus KSM yang mengacu pada standar silabus SD/MI, SMP/MTs, dan MA/SMA nasional. Untuk teori Agama Islam terdiri dari mapel Aqidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam. KSM akan menguji tiga aspek, yakni:1) Proses sains dan kemampuan berfikir
2) Konsep dan pengetahuan sains
3) Kemampuan dalam aplikasi sains dan teknologi
2. Eksperimen/Eksplorasi
Eksperimen/Eksplorasi akan menguji kemampuan siswa/i dalam mendesain, menganalisis, memecahkan masalah, dan mengenali hubungan sebab akibat antara gejala/sebab akibat yang sifatnya lebih mengarah ke aspek praktikal.Hadiah dan Penghargaan
Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta lomba sebagai apresiasi dan motivasi untuk meningkatkan kegiatan belajar dan kegiatan pendidikan lainnya di madrasah/sekolah. Hadiah untuk para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi pengaturannya diserahkan sepenuhnya kepada Satuan Kerja masing-masing sebagai penyelenggara sesuai dengan situasi dan kondisi. Para pemenang tingkat nasional akan diberikan hadiah dan penghargaan dengan ketentuan sebagai berikut:Setiap mata lomba menyediakan medali
a. Jumlah medali emas 3 buah
b. Jumlah medali perak 6 buah
c. Jumlah medali perunggu 9 buah
Jumlah medali adalah 18 medali.
Total medali yang diperebutkan untuk 11 mata lomba sebanyak 198 medali.
Selain itu penghargaan tambahan setiap mata lomba adalah sebagai berikut :
a. The best over all adalah siswa yang memiliki nilai tertinggi untuk dua uji kompetisi (teori dan eksperimen/explorasi).
b. The best theory adalah siswa yang memiliki nilai teori tertinggi.
c. The best experiment adalah siswa yang memiliki nilai experimen/explorasi tertinggi.
Peserta yang tidak mendapatkan medali dan penghargaan tambahan akan mendapatkan penghargaan keikutsertaan berupa dana pembinaan.
Berikut adalah soal dan pembahasannya :
Download Soal Jawaban Pembahasan KSM IPS MTs
Dibawah ini adalah kumpulan soal, jawaban, dan pembahasan kompetisi sains madrasah MTs untuk bidang IPS untuk seleksi tingkat kota/kabupaten, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.
Download Soal KSM MTs Bidang IPS Tingkat Kabupaten/Kota :
- Soal KSM IPS MTs Kab/Kota 2018 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Kab/Kota 2017 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Kab/Kota 2016 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Kab/Kota 2015 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Kab/Kota 2014 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Kab/Kota 2013 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Kab/Kota 2012 | DOWNLOAD
Download Soal KSM MTs Bidang IPS Tingkat Provinsi :
- Soal KSM IPS MTs Provinsi 2018 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Provinsi 2017 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Provinsi 2016 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Provinsi 2015 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Provinsi 2014 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Provinsi 2013 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Provinsi 2012 | DOWNLOAD
Download Soal KSM MTs Bidang IPS Tingkat Nasional :
- Soal KSM IPS MTs Nasional 2018 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Nasional 2017 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Nasional 2016 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Nasional 2015 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Nasional 2014 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Nasional 2013 | DOWNLOAD
- Soal KSM IPS MTs Nasional 2012 | DOWNLOAD
0 Response to "Lengkap Download Soal Dan Pembahasan KSM MTs Bidang IPS Terintegrasi Lengkap Cara Paling Mudah"
Posting Komentar