√Pembahasan Soal OSN Fisika SMP Tingkat Kabupaten/kota – Alat Optik Mata, Kacamata, Teropong ⊗ Full Pembahasanya

Pembahasan Soal MIPA , Baik dari segi perhitungan serta rumus singkatnya, sangatlah dibutuhkan untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh setiap siswa.Kebanyakan dari siswa itu kurang menyukainya karena mereka menganggapnya sangatlah rumit dan susah dengan berbagai rumus yang ada.

√Pembahasan Soal OSN Fisika SMP Tingkat Kabupaten/kota – Alat Optik Mata, Kacamata, Teropong ⊗ Full Pembahasanya

Dan jika kita lihat dari sisi yang positif, MIPA -Matemarika dan csnya jika kita nalar dari segi logika sebenarnya sangatlagh mudah. Dan kita tidak perlu menghapal rumusnya. Sebab pada dasarnya MIPA meruapakan ilmu pasti yang memang sudah di tentukan dan di golongkan solusi dari permasalahan yang ada,.

Trik Menyukai MIPA : kita jangan anggap MIPA itu pelajaran yang membosankan,dan susah, saat belajar MIPA kita hubungankan dengan dengan kehidupan sehari-hari, belajar MIPA bisa kita buat ke sebuah cerita yang menarik

Terkait:


Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten/kota – Alat optik mata, kacamata, teropong

Mata

1. Soal Olimpiade Sains Nasional SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010 No.28

Salah satu alat optik alami adalah mata. Pada proses melihat, terbentuk bayangan …..

  1. Sejati, tegak, tepat di retina
  2. Sejati, terbalik, tepat di retina
  3. Maya, tegak, tepat di retina
  4. Maya, terbalik, tepat di retina

Pembahasan
Titik dekat mata normal rata-rata adalah 25 cm. Titik dekat adalah jarak terdekat yang masih dapat difokuskan oleh mata. Diameter mata manusia tentu saja lebih kecil dari 25 cm sehingga panjang fokus lensa mata juga lebih kecil dari 25 cm. Dengan demikian, jarak benda (s) pasti lebih besar daripada panjang fokus sistem lensa mata (f).

Sistem lensa mata merupakan lensa cembung. Karenanya bayangan yang terbentuk oleh sistem lensa mata pada proses melihat mempunyai sifat yang sama dengan bayangan yang terbentuk oleh lensa cembung. Sifat-sifat bayangan yang terbentuk oleh sistem lensa mata ketika jarak benda (s) lebih besar daripada panjang fokus (f), antara lain :
– Nyata atau sejati
– Terbalik
– Diperkecil
– Tepat di retina

Bayangan harus tepat berada di retina karena retina berfungsi mengubah gelombang cahaya menjadi sinyal listrik yang diteruskan ke otak. Walaupun bayangan terbalik tetapi otak manusia mengubahnya menjadi tegak sehingga benda-benda yang dilihat oleh mata bersifat tegak.

Jawaban yang benar adalah B.

Kacamata

2. Soal Olimpiade Sains Nasional SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.37

Seorang mempunyai titik dekat 16 cm dan titik jauh 80 cm. Jika ia menggunakan kacamata, ia dapat melihat benda-benda yang sangat jauh dengan jelas. Dengan menggunakan kacamata tersebut, jarak benda terdekat yang dapat dia lihat dengan jelas adalah….

  1. 13 1/3 cm
  2. 20 cm
  3. 36 cm
  4. 48 1/3 cm

Pembahasan
Diketahui :
Titik jauh orang itu hanya 80 cm karenanya dapat disimpulkan orang itu menderita rabun jauh.
Rabun jauh terjadi karena sistem lensa mata lebih melengkung atau kurang pipih dari yang seharusnya seperti pada mata normal sehingga panjang fokus sistem lensa mata berkurang. Hal ini menyebabkan berkas cahaya dari benda berjarak tak berhingga (titik jauh) tidak difokuskan pada retina tetapi difokuskan di depan retina.
Ditanya : Jarak benda terdekat yang dapat dilihat dengan jelas menggunakan kacamata
Jawab :
Titik jauh orang itu adalah 80 cm. Lensa kacamata harus membentuk bayangan pada jarak 80 cm di depannya. Bayangan berada di depan mata dan lensa kacamata sehingga bayangan bersifat maya dan tegak. Jadi jarak bayangan (s’) = -80 cm.
Jika orang itu menggunakan kacamata, ia dapat melihat benda-benda yang sangat jauh dengan jelas. Jadi jarak benda (s) = titik jauh mata normal = tak berhingga = ~.

Panjang fokus lensa mata :
1/f = 1/s + 1/s’
1/f = 1/~ + (- 1/80)
1/f = 0 – 1/80
1/f = – 1/80
f = – 80 / 1
f = – 80 cm
Panjang fokus negatif artinya lensa kacamata yang digunakan adalah lensa cekung atau lensa divergen.

Jika orang itu menggunakan lensa kacamata yang sama maka berapa jarak benda terdekat yang dapat dilihat dengan jelas ? Panjang fokus lensa (f) = -80 cm. Lensa harus membentuk bayangan pada jarak 16 cm di depan mata dan lensa sehingga bayangan bersifat maya dan bertanda negatif. Jadi jarak bayangan (s’) = -16 cm.
1/s = 1/f – 1/s’ = -1/80 – (-1/16) = -1/80 + 1/16 = -1/80 + 5/80 = 4/80
s = 80/4 = 20 cm.
Jarak benda terdekat yang dapat dia lihat dengan jelas adalah 20 cm.
Jawaban yang benar adalah B.

3. Soal Olimpiade Sains Nasional SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010 No.37
Kacamata merupakan alat bantu agar penglihatan menjadi jelas. Seringkali kamu melihat temanmu yang menggunakan kacamata. Bagaimanakah perjalanan berkas sinar yang benar pada lensa yang digunakan temanmu ?

Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Alat optik mata, kacamata, teropong 1

Pembahasan

Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Alat optik mata, kacamata, teropong 2Lensa kacamata yang digunakan berdasarkan gambar adalah lensa cekung. Perjalanan berkas cahaya yang datang dan dibiaskan lensa cekung harus seperti pada jawaban B.

4. Soal Olimpiade Sains Nasional SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.36
Perhatikan gambar jalannya sinar pada mata sebelum dan sesudah pakai kacamata berikut ini. Berdasarkan gambar itu dapat dipastikan bahwa….
Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Alat optik mata, kacamata, teropong 3Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Alat optik mata, kacamata, teropong 4Pembahasan
Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Alat optik mata, kacamata, teropong 5Rabun dekat = hipermetropi
Lensa konvergen = lensa cembung = lensa positif
Jawaban yang benar adalah B.

Teropong
5. Soal Olimpiade Sains Nasional SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.38
Perbesaran sebuah teropong yang panjangnya 10 cm adalah 3. Panjang fokus obyektif dan panjang fokus okuler berturut-turut adalah….

  1. 5 cm dan 5 cm
  2. 7,5 cm dan 2,5 cm
  3. 2,5 cm dan 7,5 cm
  4. 4 cm dan 6 cm

Pembahasan
Diketahui :
Perbesaran teropong (M) = 3
Panjang teropong (l) = 10 cm
Ditanya : Panjang fokus lensa obyektif dan panjang fokus lensa okuler
Jawab :
Rumus panjang teropong (l) ketika mata berakomodasi minimum :
l = fob + fok
10 cm = fob + fok  —– Persamaan 1

Rumus perbesaran teropong (M) ketika mata berakomodasi minimum :
M = fob / fok
3 = fob / fok
fob = 3 fok —– Persamaan 2

Gantikan fob pada persamaan 1 dengan fok pada persamaan 2 :
10 cm = fob + fok 
10 cm = 3 fok + fok 
10 cm = 4 fok
fok = 10 cm / 4
fok = 2,5 cm
Panjang fokus lensa okuler = 2,5 cm
Panjang fokus lensa obyektif = 3 fok = 3 (2,5 cm) = 7,5 cm

Panjang fokus lensa obyektif dan panjang fokus lensa okuler berturut-turut adalah 7,5 cm dan 2,5 cm.
Jawaban yang benar adalah B.

Ebook Pembahasan Soal OSN Fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010-2011 651 KB

Ukuran Kertas : F4, Jumlah halaman : 74

Materi Pembahasan Soal :

  • Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting
  • Resultan vektor, besaran vektor dan skalar
  • Hukum Gerak Newton
  • Gerak Lurus
  • Usaha dan Energi Mekanik, Pesawat Sederhana
  • Fluida Statis
  • Gelombang Bunyi
  • Osilasi
  • Gelombang Mekanik
  • Alat Optik Cermin dan Lensa
  • Alat Optik Mata, Kacamata dan Teropong
  • Gelombang Cahaya
  • Pemuaian
  • Skala Suhu, Kalibrasi termometer
  • Kalor, Perubahan Wujud, Perpindahan Kalor, Asas Black
  • Muatan listrik, Gaya listrik
  • Rangkaian listrik, Hambatan listrik
  • Energi dan Daya listrik, Gerak Partikel Bermuatan
  • Hukum Ampere, GGL induksi, Transformator

Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten/kota – Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting

Besaran dan satuan

1. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010 No.1
Perhatikan tabel hasil pengukuran empat orang siswa terhadap besaran fisika sebagai berikut!
Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting 1Data dalam tabel tersebut yang benar dan berdasarkan satuan SI (Sistem Internasional) disajikan oleh siswa….

  1. R dan S
  2. P dan R
  3. P dan Q
  4. Q dan S

Pembahasan
Siswa P :
Satuan Sistem Internasional (SI) besaran panjang adalah meter (m), bukan centimeter (cm)
Alat ukur besaran panjang adalah mistar
Siswa Q :
Satuan Sistem Internasional (SI) besaran kuat arus listrik adalah Ampere (A)
Alat ukur besaran kuat arus listrik adalah Amperemeter
Siswa R :
Satuan Sistem Internasional (SI) besaran suhu adalah Kelvin (K)
Alat ukur besaran suhu adalah termometer, bukan hidrometer.
Hidrometer adalah alat ukur massa jenis air
Siswa S :
Satuan Sistem Internasional (SI) besaran massa adalah Kilogram (Kg)
Alat ukur besaran massa adalah neraca sama lengan

Data dalam tabel tersebut yang benar dan berdasarkan satuan SI (Sistem Internasional) disajikan oleh siswa Q dan S.
Jawaban yang benar adalah D.

2. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.2
Hubungan besaran dan satuan yang benar adalah….
Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting 2Pembahasan
Gaya = Massa x Percepatan
Satuan SI massa adalah kilogram (kg)
Satuan SI percepatan adalah meter per sekon kuadrat (m/s2)
Jadi satuan Gaya = kg m/s2 = kg m s-2

Tekanan = Gaya / Luas Permukaan
Satuan SI gaya adalah kg m/s2
Satuan SI luas permukaan adalah m2
Jadi satuan Tekanan = kg /m s2 = kg m-1 s-2

Energi = Usaha
Usaha = Gaya x Perpindahan
Satuan SI gaya adalah kilogram meter per sekon kuadrat (kg m/s2)
Satuan SI perpindahan adalah meter (m)
Jadi satuan Energi = satuan Usaha = kg m2/s2 = kg m2 s-2

Daya = Usaha / Waktu
Satuan SI usaha adalah kilogram meter kuadrat per sekon kuadrat (kg m2/s2)
Satuan SI waktu adalah sekon (s)
Jadi satuan Daya = kg m2/s3 = kg m2 s-3
Jawaban yang benar adalah D.

Konversi satuan
3. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010 No.2
Setengah liter susu segar diperlukan sebagai bahan campuran saus puding, maka susu yang harus dimasukkan ke dalam bahan saus puding sebanyak….

  1. 5000 ml
  2. 500 cc
  3. 50 dm3
  4. 5 m3

Pembahasan
Diketahui :
Volume susu = 0,5 liter
Ditanya : 0,5 liter = ….. ml = ….. cm3 (cc) = ….. dm3 = ….. m3
Jawab :
1 liter = 1000 mililiter (1000 ml)
1 liter = 0,001 m3 = 1 dm3 = 1000 cm3 (1000 cc)

0,5 liter = (0,5)(1000 ml) = 500 ml
0,5 dm3 = (0,5)(1000 cc) = 500 cc
0,5 liter = 0,5 dm3 = 0,0005 m3
Jawaban yang benar adalah B.

4. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.1
Jika ke dalam 100 mililiter susu cair ditambahkan 250 cc air maka dihasilkan air susu sebanyak….

  1. 12,5 dm3
  2. 1,25 dm3
  3. 3,5 dm3
  4. 0,35 dm3

Pembahasan
Diketahui :
Volume susu = 100 ml
Volume air = 250 cc = 250 cm3
Ditanya : 100 ml + 250 cc = ….. dm3
Jawab :
ml = mililiter
cc = cm3 = sentimeter kubik
dm3 = desimeter kubik

1 dm3 = 1 liter = 1000 mililiter sehingga 100 mililiter = 100/1000 liter = 1/10 liter = 0,1 liter = 0,1 dm3
1 dm3 = 1000 cm3 sehingga 250 cm3 = 250/1000 dm3 = 1/4 dm3 = 0,25 dm3

100 ml + 250 cm3 = 0,1 dm3 + 0,25 dm3 = 0,35 dm3
Jawaban yang benar adalah D.

5. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.6
Sebuah ruangan kelas yang panjangnya 10 m dan lebarnya 8 m, berlantai keramik yang berukuran 20 cm x 20 cm. Jumlah keramik pada lantai dalam ruangan itu adalah….

  1. 20 buah
  2. 200 buah
  3. 2000 buah
  4. 20000 buah

Pembahasan
Diketahui :
Ukuran ruang kelas :
Panjang = 10 meter
Lebar = 8 meter
Luas ruang kelas = 10 m x 8 m = 80 m2

Ukuran keramik :
Panjang = 20 cm
Lebar = 20 cm
Luas keramik = 20 cm x 20 cm = 400 cm2

Ditanya : Jumlah keramik pada lantai dalam ruangan
Jawab :
1 m = 100 cm
1 m2 = 10.000 cm2
Jadi 80 m2 = 80 x 10.000 cm2 = 800.000 cm2

Jumlah keramik = Luas ruang kelas / Luas keramik
Jumlah keramik = 800.000 cm2 / 400 cm2
Jumlah keramik = 2000 buah
Jawaban yang benar adalah C.

6. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.9
Setiap detik menetes 4 cc air dari akuarium yang bocor. Tetesan air ditampung di ember berukuran 5 liter. Ember terisi penuh dalam waktu….

  1. 125 detik
  2. 200 detik
  3. 1250 detik
  4. 2000 detik

Pembahasan
Diketahui :
1 liter = 1 dm3 = 1000 cm3

Volume air = 4 cc = 4 cm3
Volume ember = 5 liter = 5 dm3 = 5 x 1000 cm3 = 5000 cm3   
Ditanya : Selang waktu ember terisi penuh
Jawab :
5000 cm3 / 4 cm3 = 1250 detik
Jawaban yang benar adalah C.

Awalan satuan
7. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.3
Urutan awalan untuk satuan dari besar ke kecil yang benar adalah….

  1. Mega, terra, nano, piko
  2. Giga, Mega, Mikro, nano
  3. Piko, Nano, Mega, Terra
  4. Mega, Terra, Mikro, Piko

Pembahasan
Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting 3Jawaban yang benar adalah B.

Analisis dimensi
8. Soal Olimpiade Sains Nasional SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.5
Berdasarkan analisis dimensi, besaran-besaran fisika di bawah ini yang berdimensi sama adalah…

  1. usaha dan daya
  2. daya dan tekanan
  3. gaya dan momentum
  4. usaha dan kalor

Pembahasan
Diketahui :
Dimensi Dimensi Panjang = Dimensi Lebar = Dimensi Perpindahan = L
Dimensi Waktu = T
Dimensi Massa = M
Jawab :
Dimensi Luas = Dimensi Panjang x Dimensi Lebar = [L][L] = [L]2
Dimensi Kecepatan = Dimensi Perpindahan / Dimensi Waktu = [L] / [T] = [L][T]-1
Dimensi Percepatan = Dimensi Kecepatan / Dimensi Waktu = [L][T]-1 / [T] = [L][T]-1[T]-1 = [L][T]-2
Dimensi Gaya = Dimensi Massa x Dimensi Percepatan = [M][L][T]-2
Dimensi Usaha = Dimensi Gaya x Dimensi Perpindahan = [M][L][T]-2 [L] = [M][L]2[T]-2
Dimensi Daya = Dimensi Usaha / Dimensi Waktu = [M][L]2[T]-2 / [T] = [M][L]2[T]-2[T]-1 = [M][L]2[T]-3
Dimensi Tekanan = Dimensi Gaya / Dimensi Luas = [M][L][T]-2 / [L]2 = [M][L][T]-2 [L]-2 = [M] [L]-1[T]-2    
Dimensi Momentum = Dimensi Massa x Dimensi Kecepatan = [M][L][T]-1
Dimensi Kalor = Dimensi Energi = Dimensi Usaha = [M][L]2[T]-2
Jawaban yang benar adalah D.

Catatan :
Kalor adalah energi yang berpindah karena perbedaan suhu.
Usaha adalah proses perpindahan energi melalui perpindahan benda.
Jadi dimensi kalor = dimensi energi = dimensi usaha.

Pengukuran dan angka penting
9. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.7
Panjang sebuah benda diukur dengan menggunakan mikrometer dan terbaca nilai sebesar 15,08 mm. Bilangan penting dan jumlah angka penting hasil pengukuran itu berturut-turut adalah ….

  1. 15,08 mm dan 3 angka penting
  2. 1,508 mm dan 4 angka penting
  3. 15,08 mm dan 4 angka penting
  4. 1,508 mm dan 3 angka penting

Pembahasan
Bilangan penting = 15,08 milimeter
Jumlah angka penting = 4
Jawaban yang benar adalah C.

Ebook Pembahasan Soal OSN Fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010-2011 651 KB

Ukuran Kertas : F4, Jumlah halaman : 74

Materi Pembahasan Soal :

  • Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting
  • Resultan vektor, besaran vektor dan skalar
  • Hukum Gerak Newton
  • Gerak Lurus
  • Usaha dan Energi Mekanik, Pesawat Sederhana
  • Fluida Statis
  • Gelombang Bunyi
  • Osilasi
  • Gelombang Mekanik
  • Alat Optik Cermin dan Lensa
  • Alat Optik Mata, Kacamata dan Teropong
  • Gelombang Cahaya
  • Pemuaian
  • Skala Suhu, Kalibrasi termometer
  • Kalor, Perubahan Wujud, Perpindahan Kalor, Asas Black
  • Muatan listrik, Gaya listrik
  • Rangkaian listrik, Hambatan listrik
  • Energi dan Daya listrik, Gerak Partikel Bermuatan
  • Hukum Ampere, GGL induksi, Transformator

Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten/kota – Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting

Besaran dan satuan

1. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010 No.1
Perhatikan tabel hasil pengukuran empat orang siswa terhadap besaran fisika sebagai berikut!
Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting 1Data dalam tabel tersebut yang benar dan berdasarkan satuan SI (Sistem Internasional) disajikan oleh siswa….

  1. R dan S
  2. P dan R
  3. P dan Q
  4. Q dan S

Pembahasan
Siswa P :
Satuan Sistem Internasional (SI) besaran panjang adalah meter (m), bukan centimeter (cm)
Alat ukur besaran panjang adalah mistar
Siswa Q :
Satuan Sistem Internasional (SI) besaran kuat arus listrik adalah Ampere (A)
Alat ukur besaran kuat arus listrik adalah Amperemeter
Siswa R :
Satuan Sistem Internasional (SI) besaran suhu adalah Kelvin (K)
Alat ukur besaran suhu adalah termometer, bukan hidrometer.
Hidrometer adalah alat ukur massa jenis air
Siswa S :
Satuan Sistem Internasional (SI) besaran massa adalah Kilogram (Kg)
Alat ukur besaran massa adalah neraca sama lengan

Data dalam tabel tersebut yang benar dan berdasarkan satuan SI (Sistem Internasional) disajikan oleh siswa Q dan S.
Jawaban yang benar adalah D.

2. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.2
Hubungan besaran dan satuan yang benar adalah….
Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting 2Pembahasan
Gaya = Massa x Percepatan
Satuan SI massa adalah kilogram (kg)
Satuan SI percepatan adalah meter per sekon kuadrat (m/s2)
Jadi satuan Gaya = kg m/s2 = kg m s-2

Tekanan = Gaya / Luas Permukaan
Satuan SI gaya adalah kg m/s2
Satuan SI luas permukaan adalah m2
Jadi satuan Tekanan = kg /m s2 = kg m-1 s-2

Energi = Usaha
Usaha = Gaya x Perpindahan
Satuan SI gaya adalah kilogram meter per sekon kuadrat (kg m/s2)
Satuan SI perpindahan adalah meter (m)
Jadi satuan Energi = satuan Usaha = kg m2/s2 = kg m2 s-2

Daya = Usaha / Waktu
Satuan SI usaha adalah kilogram meter kuadrat per sekon kuadrat (kg m2/s2)
Satuan SI waktu adalah sekon (s)
Jadi satuan Daya = kg m2/s3 = kg m2 s-3
Jawaban yang benar adalah D.

Konversi satuan
3. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010 No.2
Setengah liter susu segar diperlukan sebagai bahan campuran saus puding, maka susu yang harus dimasukkan ke dalam bahan saus puding sebanyak….

  1. 5000 ml
  2. 500 cc
  3. 50 dm3
  4. 5 m3

Pembahasan
Diketahui :
Volume susu = 0,5 liter
Ditanya : 0,5 liter = ….. ml = ….. cm3 (cc) = ….. dm3 = ….. m3
Jawab :
1 liter = 1000 mililiter (1000 ml)
1 liter = 0,001 m3 = 1 dm3 = 1000 cm3 (1000 cc)

0,5 liter = (0,5)(1000 ml) = 500 ml
0,5 dm3 = (0,5)(1000 cc) = 500 cc
0,5 liter = 0,5 dm3 = 0,0005 m3
Jawaban yang benar adalah B.

4. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.1
Jika ke dalam 100 mililiter susu cair ditambahkan 250 cc air maka dihasilkan air susu sebanyak….

  1. 12,5 dm3
  2. 1,25 dm3
  3. 3,5 dm3
  4. 0,35 dm3

Pembahasan
Diketahui :
Volume susu = 100 ml
Volume air = 250 cc = 250 cm3
Ditanya : 100 ml + 250 cc = ….. dm3
Jawab :
ml = mililiter
cc = cm3 = sentimeter kubik
dm3 = desimeter kubik

1 dm3 = 1 liter = 1000 mililiter sehingga 100 mililiter = 100/1000 liter = 1/10 liter = 0,1 liter = 0,1 dm3
1 dm3 = 1000 cm3 sehingga 250 cm3 = 250/1000 dm3 = 1/4 dm3 = 0,25 dm3

100 ml + 250 cm3 = 0,1 dm3 + 0,25 dm3 = 0,35 dm3
Jawaban yang benar adalah D.

5. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.6
Sebuah ruangan kelas yang panjangnya 10 m dan lebarnya 8 m, berlantai keramik yang berukuran 20 cm x 20 cm. Jumlah keramik pada lantai dalam ruangan itu adalah….

  1. 20 buah
  2. 200 buah
  3. 2000 buah
  4. 20000 buah

Pembahasan
Diketahui :
Ukuran ruang kelas :
Panjang = 10 meter
Lebar = 8 meter
Luas ruang kelas = 10 m x 8 m = 80 m2

Ukuran keramik :
Panjang = 20 cm
Lebar = 20 cm
Luas keramik = 20 cm x 20 cm = 400 cm2

Ditanya : Jumlah keramik pada lantai dalam ruangan
Jawab :
1 m = 100 cm
1 m2 = 10.000 cm2
Jadi 80 m2 = 80 x 10.000 cm2 = 800.000 cm2

Jumlah keramik = Luas ruang kelas / Luas keramik
Jumlah keramik = 800.000 cm2 / 400 cm2
Jumlah keramik = 2000 buah
Jawaban yang benar adalah C.

6. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.9
Setiap detik menetes 4 cc air dari akuarium yang bocor. Tetesan air ditampung di ember berukuran 5 liter. Ember terisi penuh dalam waktu….

  1. 125 detik
  2. 200 detik
  3. 1250 detik
  4. 2000 detik

Pembahasan
Diketahui :
1 liter = 1 dm3 = 1000 cm3

Volume air = 4 cc = 4 cm3
Volume ember = 5 liter = 5 dm3 = 5 x 1000 cm3 = 5000 cm3   
Ditanya : Selang waktu ember terisi penuh
Jawab :
5000 cm3 / 4 cm3 = 1250 detik
Jawaban yang benar adalah C.

Awalan satuan
7. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.3
Urutan awalan untuk satuan dari besar ke kecil yang benar adalah….

  1. Mega, terra, nano, piko
  2. Giga, Mega, Mikro, nano
  3. Piko, Nano, Mega, Terra
  4. Mega, Terra, Mikro, Piko

Pembahasan
Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten kota – Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting 3Jawaban yang benar adalah B.

Analisis dimensi
8. Soal Olimpiade Sains Nasional SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.5
Berdasarkan analisis dimensi, besaran-besaran fisika di bawah ini yang berdimensi sama adalah…

  1. usaha dan daya
  2. daya dan tekanan
  3. gaya dan momentum
  4. usaha dan kalor

Pembahasan
Diketahui :
Dimensi Dimensi Panjang = Dimensi Lebar = Dimensi Perpindahan = L
Dimensi Waktu = T
Dimensi Massa = M
Jawab :
Dimensi Luas = Dimensi Panjang x Dimensi Lebar = [L][L] = [L]2
Dimensi Kecepatan = Dimensi Perpindahan / Dimensi Waktu = [L] / [T] = [L][T]-1
Dimensi Percepatan = Dimensi Kecepatan / Dimensi Waktu = [L][T]-1 / [T] = [L][T]-1[T]-1 = [L][T]-2
Dimensi Gaya = Dimensi Massa x Dimensi Percepatan = [M][L][T]-2
Dimensi Usaha = Dimensi Gaya x Dimensi Perpindahan = [M][L][T]-2 [L] = [M][L]2[T]-2
Dimensi Daya = Dimensi Usaha / Dimensi Waktu = [M][L]2[T]-2 / [T] = [M][L]2[T]-2[T]-1 = [M][L]2[T]-3
Dimensi Tekanan = Dimensi Gaya / Dimensi Luas = [M][L][T]-2 / [L]2 = [M][L][T]-2 [L]-2 = [M] [L]-1[T]-2    
Dimensi Momentum = Dimensi Massa x Dimensi Kecepatan = [M][L][T]-1
Dimensi Kalor = Dimensi Energi = Dimensi Usaha = [M][L]2[T]-2
Jawaban yang benar adalah D.

Catatan :
Kalor adalah energi yang berpindah karena perbedaan suhu.
Usaha adalah proses perpindahan energi melalui perpindahan benda.
Jadi dimensi kalor = dimensi energi = dimensi usaha.

Pengukuran dan angka penting
9. Soal Olimpiade Sains Nasional fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.7
Panjang sebuah benda diukur dengan menggunakan mikrometer dan terbaca nilai sebesar 15,08 mm. Bilangan penting dan jumlah angka penting hasil pengukuran itu berturut-turut adalah ….

  1. 15,08 mm dan 3 angka penting
  2. 1,508 mm dan 4 angka penting
  3. 15,08 mm dan 4 angka penting
  4. 1,508 mm dan 3 angka penting

Pembahasan
Bilangan penting = 15,08 milimeter
Jumlah angka penting = 4
Jawaban yang benar adalah C.

Ebook Pembahasan Soal OSN Fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010-2011 651 KB

Ukuran Kertas : F4, Jumlah halaman : 74

Materi Pembahasan Soal :

  • Besaran, satuan, dimensi, pengukuran dan angka penting
  • Resultan vektor, besaran vektor dan skalar
  • Hukum Gerak Newton
  • Gerak Lurus
  • Usaha dan Energi Mekanik, Pesawat Sederhana
  • Fluida Statis
  • Gelombang Bunyi
  • Osilasi
  • Gelombang Mekanik
  • Alat Optik Cermin dan Lensa
  • Alat Optik Mata, Kacamata dan Teropong
  • Gelombang Cahaya
  • Pemuaian
  • Skala Suhu, Kalibrasi termometer
  • Kalor, Perubahan Wujud, Perpindahan Kalor, Asas Black
  • Muatan listrik, Gaya listrik
  • Rangkaian listrik, Hambatan listrik
  • Energi dan Daya listrik, Gerak Partikel Bermuatan
  • Hukum Ampere, GGL induksi, Transformator

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Pembahasan Soal OSN Fisika SMP Tingkat Kabupaten/kota – Alat Optik Mata, Kacamata, Teropong ⊗ Full Pembahasanya"

Posting Komentar