√Lensa Cekung ⊗ Full Pembahasanya

Pembahasan Soal MIPA , Baik dari segi perhitungan serta rumus singkatnya, sangatlah dibutuhkan untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh setiap siswa.Kebanyakan dari siswa itu kurang menyukainya karena mereka menganggapnya sangatlah rumit dan susah dengan berbagai rumus yang ada.

√Lensa Cekung ⊗ Full Pembahasanya

Dan jika kita lihat dari sisi yang positif, MIPA -Matemarika dan csnya jika kita nalar dari segi logika sebenarnya sangatlagh mudah. Dan kita tidak perlu menghapal rumusnya. Sebab pada dasarnya MIPA meruapakan ilmu pasti yang memang sudah di tentukan dan di golongkan solusi dari permasalahan yang ada,.

Trik Menyukai MIPA : kita jangan anggap MIPA itu pelajaran yang membosankan,dan susah, saat belajar MIPA kita hubungankan dengan dengan kehidupan sehari-hari, belajar MIPA bisa kita buat ke sebuah cerita yang menarik

Terkait:


Lensa cekung

Pengertian Lensa Cekung

Salah satu jenis lensa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah lensa cekung. Lensa cekung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tipis sedangkan bagian tepinya lebih tebal. Lensa cekung biasanya berbentuk lingkaran, walaupun terdapat juga lensa yang tidak berupa lingkaran. Lensa cekung, seperti lensa cembung, terbuat dari kaca atau plastik sehingga lensa mempunyai indeks bias lebih besar daripada indeks bias udara.

Jenis-jenis Lensa Cekung

Pada umumnya terdapat tiga jenis lensa cekung, di mana bentuk lensa tersebut tampak seperti pada gambar di bawah (gambar tampak samping).

lensa cekung - 1

Penggunaan Lensa Cekung

Jika mata seseorang tidak dapat melihat benda jauh secara jelas atau orang tersebut rabun jauh maka ia memanfaatkan lensa cekung atau lensa divergen atau lensa negatif untuk membantu penglihatannya Lensa cekung digunakan pada kaca mata atau lensa kontak untuk membantu seseorang melihat benda yang berjarak jauh secara jelas. Selain diterapkan pada alat optik kaca mata dan lensa kontak, lensa cekung juga digunakan pada alat optik teleskop.
 
Titik Fokus Lensa Cekung (F)

lensa cekung - 2Amati gambar di samping. Berkas cahaya yang berasal dari benda yang berjarak sangat jauh seperti matahari sejajar dengan sumbu utama lensa. Pada gambar, sumbu utama lensa adalah garis berwarna biru.
Berkas cahaya datang mengenai permukaan lensa yang bentuknya cekung dan berkas cahaya tersebut dibiaskan oleh lensa. Pembiasan cahaya oleh lensa cekung mematuhi hukum pembiasan cahaya. Semua berkas cahaya yang dibiaskan seolah-olah datang dari titik fokus F2 dan berkas cahaya yang dibiaskan menyebar ke berbagai arah. Berkas cahaya yang dibiaskan menyebar ke berbagai arah karenanya lensa cekung dijuluki lensa divergen. Titik fokus F2 adalah letak bayangan dari benda yang berjarak lensa cekung - 3sangat jauh. Bila berkas cahaya yang dibiaskan lensa cekung berasal dari matahari maka bayangan matahari akan tampak di titik fokus F2.
Mata manusia menganggap berkas cahaya bergerak lurus karenanya berkas cahaya yang dibiaskan seolah-olah datang dari titik fokus F2, walaupun berkas cahaya yang dibiaskan sebenarnya tidak melewati titik fokus. Karena berkas cahaya tidak melewati titik fokus maka titik fokus lensa cekung bersifat maya atau semu dan bayangan benda yang tampak seolah-olah berada di titik fokus juga bersifat semu atau maya.

Bayangan Lensa Cekung
 
Lensa cekung hanya dapat membentuk bayangan maya atau semu. Bayangan maya sebenarnya tidak ada tetapi seolah-olah ada karena mata manusia melihat berkas cahaya bergerak lurus sehingga otak manusia menyimpulkan bahwa bayangan tersebut ada. Jika diletakkan sebuah layar pada titik di mana diperkirakan terdapat bayangan maya maka tidak tampak bayangan pada layar. Pembentukan bayangan benda oleh lensa cekung sudah dijelaskan secara mendetail pada topik bayangan lensa cekung.

Lensa cembung

Pengertian Lensa Cembung

Salah satu jenis lensa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah lensa cembung. Lensa cembung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tebal sedangkan bagian tepinya lebih tipis. Lensa cembung biasanya berbentuk lingkaran dan terbuat dari kaca atau plastik sehingga lensa mempunyai indeks bias lebih besar daripada indeks bias udara.

Jenis-jenis Lensa Cembung

Pada umumnya terdapat tiga jenis lensa cembung, di mana bentuk lensa cembung tersebut seperti pada gambar di bawah (gambar tampak samping).

lensa cembung - 1

Penggunaan Lensa Cembung

Jika mata seseorang tidak dapat melihat benda berjarak dekat secara jelas atau orang tersebut rabun dekat maka ia memanfaatkan lensa cembung atau lensa konvergen atau lensa positif untuk membantu penglihatannya. Lensa cembung digunakan pada kaca mata atau lensa kontak untuk membantu penderita rabun dekat melihat benda yang berjarak dekat secara jelas. Lensa cembung juga dimanfaatkan sebagai kaca pembesar atau lup, digunakan pada alat optik kamera, alat optik teropong serta alat optik mikroskop.
 
Titik Fokus Lensa Cembung (F)

lensa cembung - 2Amati gambar di samping. Berkas cahaya yang berasal dari benda yang berjarak sangat jauh seperti matahari sejajar dengan sumbu utama lensa. Pada gambar, sumbu utama lensa adalah garis berwarna biru.

Berkas cahaya datang mengenai permukaan lensa yang bentuknya cembung dan berkas cahaya tersebut dibiaskan oleh lensa. Pembiasan cahaya oleh lensa cembung mematuhi hukum pembiasan cahaya. Semua berkas cahaya datang dibiaskan lensa cembung menuju titik fokus F2 dan berkas cahaya tersebut lensa cembung - 3mengumpul di titik fokus. Berkas cahaya yang dibiaskan mengumpul di titik fokus karenanya lensa cembung dijuluki lensa konvergen. Karena semua bekas cahaya berpotongan pada titik fokus F2 maka bisa dikatakan bahwa titik fokus F2 adalah letak bayangan dari benda yang berjarak sangat jauh. Bila berkas cahaya yang dibiaskan lensa cembung berasal dari matahari maka bayangan matahari akan tampak di titik fokus F2.
Karena berkas cahaya melewati titik fokus maka titik fokus lensa cembung bersifat nyata dan bayangan benda yang terletak di titik fokus bersifat nyata.

Bayangan Lensa Cembung
 
Berbeda dengan lensa cekung yang hanya dapat membentuk bayangan maya, lensa cembung dapat membentuk bayangan nyata dan bayangan maya. Bayangan maya sebenarnya tidak ada tetapi seolah-olah ada karena mata manusia melihat berkas cahaya bergerak lurus sehingga otak manusia menyimpulkan bahwa bayangan tersebut ada. Jika diletakkan sebuah layar pada titik di mana diperkirakan terdapat bayangan maya maka tidak tampak bayangan pada layar. Sebaliknya bayangan nyata benar-benar ada. Jika diletakkan sebuah layar pada titik di mana diperkirakan terdapat bayangan nyata maka bayangan tampak atau terlihat pada layar tersebut. Pembentukan bayangan benda oleh lensa cembung telah dijelaskan secara mendetail pada topik bayangan lensa cembung.

Lensa kontak

Mata rabun jauh dan mata rabun dekat dapat dinormalkan menggunakan lensa kacamata dan lensa kontak. Lensa kacamata ditempelkan pada kacamata sedangkan lensa kontak ditempelkan pada bola mata. Kacamata mempunyai jarak tertentu dari mata sedangkan lensa kontak menempel dengan mata sehingga jarak antara lensa kontak dan mata dapat diabaikan.

Pada tulisan ini dijelaskan contoh persoalan yang dialami oleh penderita rabun jauh dan rabun dekat, apa jenis lensa yang digunakan untuk menormalkan mata, berapa panjang fokus dan kekuatan lensa tersebut. Tulisan ini memfokuskan pembahasan mengenai penggunaan lensa kontak dalam menormalkan mata rabun jauh dan rabun dekat.

Mata Rabun Jauh dan Lensa Cekung

Jarak terjauh yang dapat dilihat secara jelas oleh penderita rabun jauh atau myopia adalah 50 cm. Agar mata rabun jauh dapat melihat secara jelas benda berjarak tak berhingga, tentukan (a) jenis lensa yang digunakan, (b) panjang fokus lensa dan jenis lensa, (c) kekuatan atau daya lensa.
Lensa kontak sangat dekat dengan mata sehingga abaikan jarak antara lensa dan mata. Jarak antara benda dan bayangan dengan lensa kontak dianggap sama dengan jarak antara benda dan bayangan dengan mata.
Pembahasan
(a) Jenis lensa yang digunakan
Pada topik rabun jauh telah dijelaskan bahwa lensa yang digunakan untuk menormalkan mata rabun jauh adalah lensa cekung atau lensa divergen atau lensa negatif.
(b) Panjang fokus lensa
Benda yang diamati mata rabun jauh melalui lensa kontak berjarak tak berhingga karenanya lensa harus membentuk bayangan pada jarak 50 cm di depan lensa kontak. Bayangan berada di depan lensa karenanya bayangan bersifat maya (bandingkan penjelasan pada topik bayangan lensa cekung)
Diketahui :
Jarak benda (s) = tak berhingga
Jarak bayangan (s’) = -50 cm (negatif karena bayangan bersifat maya)
Ditanya : Panjang panjang (f)
Jawab :
1/f = 1/s + 1/s’
1/f = 1/~ + (- 1/50)
1/f = 0 – 1/50
1/f = – 1/50
f = – 50/1 cm = -50 cm = -0,5 meter.
Panjang fokus negatif artinya lensa yang digunakan adalah lensa cekung atau lensa divergen.
 
(c) Kekuatan lensa
P = 1/f = 1/-0,5 m = -2 Dioptri
Kekuatan atau daya lensa adalah -2 D. Tanda negatif artinya lensa yang digunakan adalah lensa cekung atau lensa divergen.

Mata Rabun Dekat dan Lensa Cembung

Jarak terdekat yang dapat dilihat secara jelas oleh penderita rabun dekat adalah 50 cm. Agar orang tersebut dapat membaca pada jarak 25 cm seperti rata-rata mata normal, tentukan (a) jenis lensa yang digunakan, (b) panjang fokus lensa, (c) kekuatan lensa.
Lensa kontak sangat dekat dengan mata sehingga abaikan jarak antara lensa dan mata. Jarak antara benda dan bayangan dengan lensa kontak dianggap sama dengan jarak antara benda dan bayangan dengan mata.
Pembahasan
(a) Jenis lensa yang digunakan
Pada topik rabun dekat telah dijelaskan bahwa lensa yang digunakan untuk menormalkan mata rabun dekat adalah lensa cembung atau lensa konvergen atau lensa positif.

(b) Panjang fokus lensa
Agar benda yang diamati berjarak 25 cm di depan mata, lensa harus membentuk bayangan pada jarak 50 cm di depan mata. Bayangan berada di depan lensa karenanya bayangan tegak dan bersifat maya (bandingkan penjelasan pada topik bayangan lensa cembung)
Diketahui :
Jarak benda (s) = 25 cm
Jarak bayangan (s’) = -50 cm (negatif karena bersifat maya)
Ditanya : Panjang fokus (f) lensa kontak
Jawab :
1/f = 1/s + 1/s’
1/f = 1/25 + 1/-50
1/f = 2/50 – 1/50
1/f = 1/50
f = 50/1 = 50 cm = 0,5 meter
Panjang fokus bertanda positif artinya lensa yang digunakan adalah lensa cembung atau lensa konvergen atau lensa positif.

(c) Kekuatan lensa
P = 1/f = 1/0,5 = +2 Dioptri
Kekuatan atau daya lensa adalah +2 D. Tanda positif artinya lensa yang digunakan adalah lensa cembung atau lensa konvergen.

Ebook Alat Optik 248.70 KB

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 66)

Materi Pembelajaran :

  1. Cermin Cekung
  2. Cermin Cembung
  3. Lensa Cekung
  4. Lensa Cembung
  5. Rabun Jauh
  6. Rabun Dekat
  7. Kacamata
  8. Lensa Kontak
  9. Lup
  10. Mikroskop
  11. Teleskop

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√Lensa Cekung ⊗ Full Pembahasanya"

Posting Komentar